Audiensi Dengan KPU DKI Jakarta, Partai Gelora Siap Bertarung Dalam Pemilu 2024

23-09-2020    13:00:00 Dibaca : 66 x

jakarta.kpu.go.id - Hari ini, Rabu, 23 September 2020 KPU Provinsi DKI Jakarta menerima permohonan audiensi dari DPW Partai Gelora Provinsi DKI Jakarta. Oleh karena saat ini masih dalam masa PSBB, audiensi dilakukan secara daring melalui aplikasi zoom.

"Rombongan" Partai Gelora diterima oleh Ketua KPU DKI Jakarta, Betty Epsilon Idroos dan didampingi oleh komisioner lainnya yakni Nurdin (Kadiv Teknis), Muhaimin (Kadiv Hukum), Sunardi (Kadiv Perencanaan dan Keuangan), Marlina (Kadiv Soaialisasi dan Parmas) serta Deti (Kadiv SDM). Sejumlah pejabat di Sekretariat KPU Provinsi DKI Jakarta juga tampak mengikuti agenda audiensi tersebut, yakni Binsar ST Siagian yang merupakan Kepala Bagian Hukum, Teknis dan Hupmas.

Sementara dari Partai Gelora dikomandani oleh Triwisaksana selaku Ketua DPW Partai Gelora Provinsi DKI Jakarta dan diikuti oleh seluruh jajaran pengus DPW Partai Gelora lainnya.
Adapun maksud dan tujuan audiensi ini adalah untuk bersilaturrahim dengan jajaran KPU Provinsi DKI Jakarta sekaligus memohon informasi seputar verifikasi partai politik peserta Pemilu Tahun 2024 mendatang.

Dalam keterangannya, Betty menjelaskan mekanisme verifikasi partai politik akan dilakukan oleh KPU RI sampai dengan KPU Kabupaten/Kota.

Lebih jauh Betty menjelaskan untuk lolos sebagai peserta pemilu, sebuah partai politik harus memenuhi sejumlah persyaratan-persyaratan yang telah ditetapkan, termasuk di antaranya harus ada kepengurusan di tiap-tiap provinsi, tersebar 75% di kabupaten/kota, 50% ada di kecamatan tiap-tiap kota, 30% kepengurusan keterwakilan perempuan dan seterusnya.

Mendengar penjelasan tersebut, Sani, sapaan akrab Triwisaksana menyatakan bahwa Partai Gelora siap mengikuti aturan yang ada.

Sekedar diketahui bahwa Partai Gelora adalah partai baru yang dibentuk pada 28 Oktober 2019 lalu. Partai Gelora merupakan partai besutan Anis Matta dan Fahri Hamzah dan sejumlah tokoh lain yang mereka kebanyakan merupakan tokoh-tokoh yang telah lama berkiprah di Partai Keadilan Sejahtera. Karenanya dengan menggunakan jaringan yang sudah tersambung rapi tersebut, mereka yakin akan lolos dalam verifikasi partai politik dan mendapat dukungan masyarakat.
File Lampiran :