Gelar Inhouse Training Kepemiluan ke-9 KPU Provinsi DKI Jakarta Sharing Pengalaman Menyelenggarakan Pilkada 2017 dan Pemilu 2019

19-08-2020    15:50:00 Dibaca : 102 x

jakarta.kpu.go.id - (19/08) Untuk kesembilan kalinya, KPU Provinsi DKI Jakarta kembali mengadakan Inhouse Training (IHT) Kepemiluan. Kali ini KPU Kota Jakarta Selatan yang mendapat giliran menyiapkan acara dan narasumber pendamping. IHT ini masih dilaksanakan secara virtual melalui meet.google pada Rabu, 19 Agustus 2020 mulai pukul 13.00 WIB s.d. 16.00. Dengan peserta yang tak kurang dari 130 orang, IHT ini mengusung tema Pengalaman Pikada 2017 & Pemilu 2019.

IHT diawali dengan sambutan oleh Ketua KPU Provinsi DKI Jakarta Betty Epsilon Idroos. Wanita yang akrab disapa Betty ini kembali memberikan semangat bagi jajarannya untuk terus menambah ilmu kepemiluan, salahsatunya dengan mengikuti IHT ini. Betty juga tak lupa mengingatkan agar seluruh jajaran KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota se DKI Jakarta untuk tetap mengikuti protokol Kesehatan ditengah meningkatnya jumlah pasien yang positif terpapar virus Covid 19. Betty juga menyampaikan pentingnya tema yang diangkat dalam IHT kali ini. “Jangan pernah melupakan sejarah. Kutipan nasehat Presiden Soekarno menjadi pelajaran bagi kita agar selalu belajar dari pengalaman sebelumnya. Dengan berbagi pengalaman menyelenggarakan pilgub 2017 dan pemilu 2019, kita bisa lebih siap dalam menghadapi tahapan pemilu berikutnya di DKI Jakarta.” pungkas Betty.

Materi IHT diisi oleh Betty Epsilon Idroos Ketua KPU Provinsi DKI Jakarta.  Betty menceritakan bagaimana tantangan KPU Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan pilkada di ibukota. “Kata orang pilkada rasa pilpres. Karena apapun kejadian selama tahapan pilgub di DKI Jakarta pada 2017 lalu, tak lepas dari liputan media.” ujar Betty. “Pilkada DKI Jakarta ini sangat seksi. Semua orang tertarik untuk mengikuti perkembangannya.” kata Betty dalam paparannya.

Sementara pemateri kedua adalah Agus Sudono Ketua KPU Kota Jakarta Selatan. Aguspun tak mau kalah memaparkan bagaimana dirinya terlibat dalam menyelenggarakan Pilgub 2017 dan Pemilu 2019 di Kota Jakarta Selatan. Agus menjelaskan upaya koordinasi dengan stakeholder dan membangun tim yang kuat sampai ke tingkat KPPS menjadi salah satu kunci suksesnya penyelenggaraan Pilgub 2017 dan Pemilu 2019 di Kota Jakarta Selatan. Integritas penyelenggara juga hal yang tidak bisa ditawar agar penyelenggaraan tahapan berjalan dengan lancar.
File Lampiran :