Hindari Pelanggaran Etika, KPU DKI Jakarta Sosialisasikan Kode Etik Penyelenggara Pemilu

04-11-2020    16:05:00 Dibaca : 76 x

jakarta.kpu.go.id (04/11) KPU Provinsi DKI Jakarta mengadakan kegiatan sosialisasi kode etik penyelenggara Pemilu. Acara ini dilaksanakan pada Rabu, 4 November 2020 pukul 13.30 s.d. 15.00. Sosialisasi ini berlangsung secara daring melalui aplikasi zoom meeting dan diikuti oleh seluruh jajaran Komisioner dan sekretariat KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota se-DKI Jakarta.

Sosialisasi dibuka oleh Plh Ketua KPU Provinsi DKI Jakarta Nurdin. Dalam sambutannya Nurdin mengatakan sosialisasi ini sangat penting agar seluruh jajaran KPU se DKI Jakarta memahami aturan etika selama menjadi penyelenggara Pemilu. “Jangan sampai kita menjadi bagian yang disidang dalam etika penyelenggara pemilu, dan terkena hukuman kode etik penyelenggara Pemilu” Ujar Nurdin. Nurdin juga menyampaikan bahwa seluruh Komisioner dan Pegawai sekretariat KPU se-DKI Jakarta diwajibkan untuk mengikuti seluruh kegiatan yang dilaksanakan oleh KPU DKI Jakarta, khususnya kegiatan yang hanya melibatkan internal KPU se-DKI Jakarta. “Walaupun kita tidak sedang dalam tahapan penyelenggaraan pemilu, jajaran KPU se-DKI Jakarta tetap aktif berkegiatan. Terutama menyiapkan pemahaman dan kapasitas komisioner dan pegawai sekretariat dalam menjadi penyelenggara pemilu sebelum memasuki masa tahapan” pungkas Nurdin

Sosialisasi ini diisi oleh Tim Pemeriksa Daerah Provinsi DKI Jakarta unsur KPU yaitu Deti Kurniawati dan Muhaimin. Deti memaparkan materi tentang Sistem Etika Penyelenggara Pemilu, sementara Muhaimin menjelaskan Peran TPD dalam penegakan kode etik penyelenggara pemilu.
File Lampiran :