KPU DKI Mengadakan In House Training Dengan Tema Nilai Dan Azas Pemilu

12-05-2020    16:00:00 Dibaca : 88 x

Jakarta.kpu.go.id (12/5). Pandemi Covid 19 tidak menyurutkan semangat KPU Provinsi DKI Jakarta untuk terus produktif. Dengan mengusung tema Nilai dan Azas Pemilu, KPU Provinsi DKI Jakarta kembali menyelenggarakan Inhouse Training ketiga pada 12 Mei 2020 mulai pukul 13.00 s.d. 15.00. Diskusi online yang menggunakan media google meet ini menghadirkan dua orang narasumber Anggota KPU Provinsi DKI Jakarta Deti Kurniawati dan Muhaimin.

Deti Kurniawati memberikan paparan mengenai Nilai dan Asas Pemilu. Dalam presentasinya Deti menjabarkan teori dan praktik mengenai Nilai dan Asas Pemilu di Indonesia. Deti juga menyampaikan contoh permasalahan Nilai dan Asas  Pemilu dalam tahapan penyelenggaraan Pemilu di Indonesia mulai dari Pemilu Sebelum Reformasi sampai Pemilu serentak tahun 2019.

Pada kesempatan selanjutnya, disampaikan paparan berjudul Pemilu sebagai sarana terbaik untuk memfasilitasi pergantian kekuasaan yang damai. Materi ini disampaikan oleh Muhaimin dengan menjelaskan perbandingan Pemilu Berintegritas yang di jalankan Indonesia dengan Pemilu yang berstandar Internasional. Dalam penjelasannya, Muhaimin menyampaikan bahwa sebagian besar pelaksanaan tahapan pemilu di Indonesia telah mengikuti standar Internasional. Beberapa negara juga tertarik mempelajari praktik pemilu di Indonesia yang dinilai menjadi salahsatu system Pemilu terumit di dunia.

Diskusi ini juga diikuti oleh Ketua KPU Provinsi DKI Jakarta Betty epsilon Idroos. Betty menyampaikan apresiasi kepada jajaran KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota se DKI Jakarta yang tetap semangat untuk melaksanakan kegiatan positif ditengah Pandemi Covid 19. Betty berharap Inhouse training ini terus berlanjut agar Jajaran Anggota dan sekretariat KPU se-DKI Jakarta memiliki pemahaman yang sama terkait dengan isu-isu penting kepemiluan di Indonesia.
File Lampiran :