KPU Provinsi DKI Jakarta Sosialisasikan Proses dan Mekanisme Penggantian Antar Waktu Anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta

09-07-2020    16:30:00 Dibaca : 111 x

jakarta.kpu.go.id - Kamis 9 Juli 2020 hari ini, KPU Provinsi DKI Jakarta  menggelar sosialisasi terkait mekanisme PAW Anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta kepada Pimpinan Partai Politik dan instansi terkait lainnya seperti Sekretariat DPRD, Bawaslu Provinsi DKI Jakarta Biro Tata Pemerintahan dan lainnya.

Kegiatan dibuka oleh Ketua KPU Provinsi DKI Jakarta, Betty Epsilon Idroos. Dalam sambutan pembukaan kegiatannya Betty mengingatkan bahwa kegiatan sosialisasi PAW ini sangatlah penting untuk dilakukan, agar proses PAW yang akan terjadi bisa dilakukan berdasarkan ketentuan yang berlaku, dan tidak ada efek hukum di kemudian hari dalam proses PAW ini.

“Peraturan KPU Nomor 6 Tahun 2017 sebagaimana telah diubah dengan Peraturan KPU Nomor 6 Tahun 2019 tentang Penggantian Antar Waktu Anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota adalah sebagai dasar teknis mengenai proses PAW ini” jelas Betty.

Setelah sambutan dan pembukaan kegiatan dilanjutkan dengan paparan yang dilakukan oleh Nurdin selaku ketua divisi teknis KPU Provinsi DKI Jakarta dan dimoderatori Binsar ST Siagian, Kepala Bagian Teknis KPU Provinsi DKI Jakarta.

Dalam penjelasannya, pembicara menjelaskan secara gamblang mekanisme pergantian antar waktu anggota DPRD (Provinsi DKI Jakarta) baik dari segi dasar hukum, batas waktu, alasan pemberhentian, mekanisme dan calon pengganti yang memenuhi dan tidak memenuhi syarat lagi.

Sebagai bagian dari sosialisasi, moderator memberikan kesempatan kepada audiens untuk melakukan dialog interaktif dan mengajukan pertanyaan seputar proses PAW.

Untuk diketahui bahwa dalam rangka tranparansi PAW yang telah dilakukan oleh KPU, KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota, Komisi Pemilihan Umum RI menggunakan aplikasi yang berbasis web yang dapat diakses oleh publik di seluruh Indonesia dengan nama simpaw (sistem informasi pergaantian antar waktu).
File Lampiran :