Pahamkan Masyarakat Akan Tugas Penyelenggara, SPP KPU DKI Jakarta Jelaskan Lembaga-Lembaga Yang Menyelenggarakan Pemilu

29-09-2020    17:50:00 Dibaca : 96 x

jakarta.kpu.go.id - Kegiatan Sekolah Pintar Pemilu (SPP) yang diselenggarakan oleh KPU Provinsi DKI Jakarta semakin hari makin menarik, hal ini lantaran materi-materi yang disampaikan benar-benar “membumi” untuk pelaksanaan pemilihan umum.

Seperti dalam edisi SPP pekan ini, yang merupakan pertemuan kelima kelas keempat, KPU Provinsi DKI Jakarta mengambil tema Lembaga Penyelenggara Pemilu Di Indonesia. Materi disampaikan dengan apik oleh Marlina, selaku Anggota KPU Provinsi DKI Jakarta Divisi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih.

Dalam paparan materinya Marlina menjelaskan secara gamblang siapakah yang dimaksud dengan penyelenggara pemilihan umum. Penyelenggara Pemilu yang dimaksud tidak hanya dari KPU sebagai pelaksana Pemilu tapi juga ada Bawaslu dan DKPP yang juga termasuk bagian dari penyelenggara pemilu, namun lebih rinci disampaikan penjelasan mulai dari KPU Pusat, KPU Provinsi, KPU Kabupaten/Kota termasuk Badan Adhocknya yakni PPK, PPS, KPPS, PPLN dan KPPSLN.

Di Indonesia yang berhak menyandang LPP utama adalah KPU. Di banyak negara, fungsi manajemen dalam penyelenggaraan pemilu yang terdiri dari pengaturan, perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, pengawasan, hingga evaluasi, biasanya diemban oleh satu komisi penyelenggara pemilu. Namun di Indonesia, fungsi pengawasan dan penegakan hukum dipegang oleh lembaga atau badan yang berbeda. Selain memiliki Komisi Pemilihan Umum (KPU), Indonesia juga punya Badan Pengawas Pemilihan Umum(Bawaslu) dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum (DKPP).
File Lampiran :