Pentingnya Mengetahui dan Mengikuti Tahapan Dalam Penyelenggaraan Pemilu

06-10-2020    17:00:00 Dibaca : 129 x

jakarta.kpu.go.id - Masih dalam rangkaian pelaksanaan Sekolah Pintar Pemilu (SPP) KPU Provinsi DKI Jakarta, sesi kelima pertemuan SPP kali ini mengetengahkan tema “Tahapan dan Manajemen Penyelenggaraan Pemilu”  yang disampaikan oleh Partono Samino, Anggota KPU Provinsi DKI Jakarta Divisi Program Data dan Informasi, Selasa, 6 Oktober 2020 .

Dalam paparannya Partono menjelaskan bahwa mengetahui tahapan pemilu sangatlah penting karena tahapan merupakan rangkaian aktifitas untuk mendesain, merencanakan, membantu dan juga mengontrol seluruh aktifitas pada tiap-tiap bagian untuk memudahkan menjalankan pelaksanaan pemilihan umum.

Karenanya masyarakat perlu mengetahui tentang tahapan-tahapan pemilu terutama tahapan yang cukup krusial, seperti penyusunan DPS dan DPT, masa kampanye, pemungutan dan penghitungan suara serta rekapitulasi penghitungan perolehan suara. Apalagi pelaksanaan Pemilu (2019) yang menggabungkan pelaksanaan pemilu legislatif dan pemilihan  presiden  dan wakil presiden dalam satu waktu pencoblosan, menyebabkan pecahnya konsentrasi masyarakat untuk mengetahui tahapan yang sedang dijalankan.

Pada pelaksanaan pemilihan umum, sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat terlena dengan adanya tahapan yang penting. Masyarakat terkadang lupa bahwa ada tahapan yang sangat penting bagi mereka yakni tahapan penyusunan daftar pemilih, sehingga nama mereka bias tidak terekam dalam daftar pemilih sementara. Mereka tidak segera melapor dan pada saat DPT sudah ditetapkan dan hari pencoblosan segera dilaksanakan, masyarakat baru ramai meributkannya. “ini contoh saja, betapa pentingnya mengikuti tahapan pemilihan umum” kata Partono

Untuk selanjutnya Sekolah Pintar Pemilu akan dilaksanakan Selasa depan mengetengahkan materi penegakan hukum pemilu yang akan disampaikan oleh Muhaimin, Ketua Divisi Hukum KPU Provinsi DKI Jakarta.
File Lampiran :