Pertemuan Kedua, SPP KPU DKI Jakarta Terangkan Pentingnya Mengetahui Nilai dan Asas Dalam Pemilihan Umum

15-09-2020    16:05:00 Dibaca : 143 x

jakarta.kpu.go.id - Setelah menghadirkan materi tentang sejarah dan sistem pemilu di Indonesia pada pertemuan pertama Selasa pekan lalu, Sekolah Pintar Pemilu KPU Provinsi DKI Jakarta kembali melakukan pertemuan kelas pada Selasa pekan ini. Dalam pertemuan kedua ini materi yang dibahas adalah nilai dan asas pemilu yang dijelaskan secara detail dan gamblang oleh Deti Kurniawati, Komisioner KPU Provinsi DKI Jakarta Divisi SDM dan Litbang.

Dalam penyampaian materinya, Deti menekankan pentingnya mengetahui nilai dan asas pemilu karena Pemilu merupakan sarana kedaulatan rakyat untuk memilih anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota serta memilih Presiden dan Wakil Presiden, yang dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil, yang dalam Draft RUU Pemilu saat ini diusulkan ditambahkan efisien dan efektif.  Karena itu masyarakat pemilih diharapkan mengetahui, mengikuti dan mengawasi  pelaksanaan pemilu apakah sudah sesuai dengan nilai dan asas-asas tersebut, agar pelaksanaan pemilu berkualitas.

Untuk diketahui, bahwa dalam rangka terus menyosialisasi pelaksanaan pemilu, di tengah pandemi covid-19 yang masih berlangsung, KPU Provinsi DKI Jakarta, telah membuka pendaftaran Sekolah Pintar Pemilu (SPP) yang dimulai tanggal 1 September dan akan berakhir pada 20 Oktober 2020 mendatang.

Tak ubahnya sekolah formal, SPP KPU DKI juga mempunyai silabus pemaparan materi untuk tiap-tiap pertemuan. Adapun materi yang disampaikan dalam SPP adalah Sejarah Pemilu dan Sistem Pemilu di Indonesia (disampaikan tanggal 8 September), Nilai dan Asas Pemilu (15 September), Pentingnya Menggunakan Hak Pilih @gaMilihgaKeren (22 September), Lembaga Penyelenggara Pemilu di Indonesia (29 September), Tahapan dan Manajemen Penyelenggaraan Pemilu (6 Oktober), Penegakan Hukum Pemilu (13 Oktober), dan pertemuan terakhir mengangkat tema Wajah Pemilu di DKI Jakarta dari Masa ke Masa (20 Oktober 2020).

Untuk seluruh masyarakat yang ingin mengikuti kegiatan Sekolah Pintar Pemilu ini, dapat mendaftarkan diri di: https://s.id/DaftarSekolahPintarPemiluKPUDKIJakarta dan selanjutnya mengikuti petunjuk yang ada pada link tersebut
File Lampiran :