SELAMATKAN ARSIP PEMILU, KPU DKI JAKARTA GELAR BIMTEK PENGELOLAAN ARSIP PEMILU TAHUN 2019 DAN PILGUB DKI JAKARTA TAHUN 2017

21-10-2020    12:40:00 Dibaca : 97 x

Jakarta.kpu.go.id - (21/10). Dalam rangka upaya penyelamatan arsip Pemilu, KPU Provinsi DKI Jakarta gelar  Bimtek  Pengelolaan Arsip Pemilu Tahun 2019 dan Pilgub DKI Jakarta Tahun 2017. Acara yang digelar secara daring ini dilaksanakan pada Rabu, 21 Oktober 2020 pukul 09.00 s.d. 11.30. Bimtek ini diikuti oleh anggota dan pegawai sekretariat KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota se DKI Jakarta.

Bimtek dibuka oleh plh. KPU Provinsi DKI Jakarta Nurdin. Dalam sambutannya, nurdin mengatakan pentingnya arsip pemilu ini dikelola dengan baik. Karena tugas pokok KPU ini berkaitan dengan sengketa hukum. Baik itu di Bawaslu, MK, DKPP, Gakumdu, dan PTUN. “Gugatan terhadap KPU harus dijawab dengan pemenuhan alat bukti yang rapid an lengkap. Disinilah salah satu pentingnya pengelolaan arsip yang baik dilingkungan KPU” ujar Nurdin.

Hadir juga anggota KPU RI Pramono Ubaid Tanthowi memberikan sambutan dalam bImtek kali ini. Komisioner yang biasa dipanggil Pram ini menjelaskan pengelolaan arsip ini sangat penting,masalahnya arsip selama ini seolah-olah menjadi tidak penting. orang yang ditempatkan dibagian pengelolaan arsip sering dianggap sebagai “pembuangan”. Padahal dinegara lain pengelolaan arsip ini dilakukan dengan sangat professional dan ditangani oleh SDM yang baik. “Di Rusia, tempat pengelolaan arsipnya dikelola dengan professional. Arsip yang di ciptakan pada akhir abad 19 masih tersimpan dengan sangat rapi” ujar Pram. “di KPU inisiatif perbaikan pengelolaan arsip ini belum berlangsung lama. Saat ini jika kita mencari arsip pemilu tahun 70an, kita tidak memiliki dokumennya. Kita kekurangan SDM yang menguasai arsip. Bimtek ini sangat dibutuhkan untuk menyiapkan SDM terlatih yang memahami pengelolaan arsip” pungkas Pram.

Bimtek ini diisi oleh narasumber yang berasal dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Hadir sebagai narasumber Rudi Anton, S.H., M.H., (Direktur Akuisisi ANRI) dan Drs. Tato Pujiarto (Koordinator Penyelenggara Kearsipan Statis ANRI). Rudi Anton menjelaskan bagaimana pengelolaan arsip yang ideal di Indonesia. Sedangkan Tato Pujiarto memaparkan bagaimana pengelolaan arsip yangtelah dilakukan oleh KPU, KPU Provinsi, dan KPU Kabupaten/Kota.
File Lampiran :