Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara KPU Provinsi DKI Jakarta, Rata-rata Perlu 2 Menit Untuk Melakukan Pencoblosan Surat Suara di TPS.

17-12-2018    20:00:00 Dibaca : 798 x

Kpujakarta.go.id (17/12) KPU Provinsi DKI Jakarta melaksanakan simulasi pemungutan dan penghitungan suara di TPS. Simulasi ini dilaksanakan di halaman Gedung Serbaguna Pulau Tidung hari Senin (17 Desember 2018) mulai pukul 07.00 s.d. 16.30. Pelaksanaan simulasi pemungutan dan penghitungan surat suara melibatkan warga Pulau Tidung yang nantinya akan dilibatkan sebagai petugas KPPS di TPS-TPS di Pulau Tidung. Simulasi ini dilaksanakan untuk mengetahui kendala yang akan terjadi pada saat pemungutan suara tanggal 17 April 2019 khususnya berkaitan dengan pemahaman Anggota KPPS terhadap aturan pemungutan dan penghitungan suara, perkiraan waktu yang dibutuhkan satu orang pemilih untuk melakukan pencoblosan dengan berbagai scenario, dan perkiraan waktu yang dibutuhkan dalam penghitungan suara.

 

Simulasi ini disaksikan oleh seluruh anggota KPU Provinsi, anggota KPU Kabupaten/kota, dan kasubag teknis Kabupaten/kota se-Provinsi DKI Jakarta. Acara dibuka oleh Ketua KPU Provinsi DKI Jakarta Betty Epsilon Idroos. Dalam sambutannya, Betty mengatakan bahwa simulasi ini penting untuk mengetahui kendala teknis yang mungkin akan terjadi pada saat hari H. “Kita perlu mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan buruk yang terjadi pada saat pemungutan dan penghitungan suara. Dari simulasi inilah kita bisa tahu apa saja kendala yang mungkin akan terjadi di TPS nanti” ujar Betty.

 

Pada simulasi ini daftar pemilih tetap di TPS adalah sebanyak 200 orang dengan memainkan berbagai skenario pemilih. Terdapat pemilih yang terdaftar di DPT menggunakan formulir C6, pemilih disabilitas, pemilih pindah TPS yang menggunakan A5, pemilih yang tidak terdaftar dalam DPT namun memiliki E-KTP dengan alamat sesuai lokasi TPS, pemilih yang menggunakan handphone saat pencoblosan, dan lain-lain. Dalam simulasi ini juga dihitung waktu yang dihabiskan satu orang pemilih dalam melakukan pencoblosan. Untuk pemilih muda, rata-rata menghabiskan waktu 2 menit untuk melakukan pencoblosan. Sementara bagi pemilih disabilitas, lansia, memiliki waktu yang bervariasi diatas 2 menit dalam melakukan pencoblosan.

File Lampiran :