Sonsong RPJMN 2020-2024, KPU Provinsi DKI Jakarta Gelar Rakor Penyusunan Renstra.

04-12-2019    20:00:00 Dibaca : 211 x

Kpujakarta.go.id (04/12). KPU Provinsi DKI Jakarta gelar Rapat Koordinasi (Rakor) Penyusunan Rencana Strategis (Renstra) KPU Tahun 2020-2024 KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota se-Provinsi DKI Jakarta. Rakor ini merupakan tindak lanjut dari Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) KPU Se-Indonesia yang digelar di Jogjakarta pada tanggal 25 s.d. 28 November 2019. Dalam rapimnas tersebut KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/kota diminta untuk membuat rancangan rencana strategis KPU periode 2020-2024. Pembuatan renstra ini bersifat bottom up atau berdasarkan usulan dari satker terbawah.

Rakor penyusunan renstra ini dilaksanakan di Hotel Bidakara pada tanggal 4 Desember 2019 dengan peserta yang terdiri dari Ketua, Anggota, dan pejabat structural pada KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota se Provinsi DKI Jakarta. Rakor dibuka oleh Ketua KPU Provinsi DKI Jakarta Betty Epsilon Idroos. Dalam sambutannya Betty mengatakan sampai lima tahun kedepan, KPU se-Provinsi DKI Jakarta baru akan menyelenggarakan Pemilu tahun 2024. Sehingga perlu direncanakan apa saja hal yang akan dilakukan oleh KPU se-Provinsi DKI Jakarta selama lima tahun kedepan dengan tidak adanya tahapan Pemilu. Setelah sambutan dan pembukaan oleh Betty, juga diberikan pengarahan oleh para anggota KPU Provinsi DKI Jakarta. Anggota divisi Parmas Marlina mengatakan perlunya rencana strategis untuk Pendidikan pemilih yang berkelanjutan dalam lima tahun kedepan. Sementara anggota divisi teknis Nurdin menyampaikan divisi teknis kedepannya memiliki beban yang lebih berat. Karena hamper semua tahapan utama penyelenggaraan pemilu dilakukan oleh divisi teknis. Seperti pendaftaran partai politik, pencalonan, dana kampanye, pemungutan dan penghitungan suara, penetapan calon, dan pergantian antar waktu.

Pada rakor ini, dilakukan penyusunan renstra oleh masing-masing divisi pada KPU Kabupaten/Kota secara berkelompok. Hasil diskusi tersebut akan direkap oleh KPU Provinsi DKI Jakarta untuk selanjutnya disampaikan ke KPU RI untuk menjadi bahan penyusunan renstra Kementerian dan Lembaga periode 2020-2024.

File Lampiran :