Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Pilot Project Aplikasi Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB)

15-10-2020    16:45:00 Dibaca : 96 x

jakarta.kpu.go.id - KPU Provinsi DKI Jakarta hari ini, Kamis 15 Oktober 2020 bekerjasama dengan Biro Perencanaan KPU RI mengadakan sosialisasi dan bimbingan teknis terkait pilot project aplikasi Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB). Kegiatan dilakukan dengan melalui metode daring dengan menggunakan aplikasi zoom dikarenakan karena masih dalam masa PSBB Transisi di DKI Jakarta. Kegiatan dibuka oleh Partono selaku Kepala Divisi Program dan Data mewakili Ketua KPU Provnsi DKI Jakarta. Dalam arahan pembukaannya Partono menjelaskan bahwa kegiatan ini sangat penting untuk dilaksanakan untuk memutakhirkan data pemilih di DKI Jakarta, sehingga tidak ada data yang tercecer ataupun terpisah-pisah.

Kegiatan yang diikuti oleh para Ketua Divisi Program dan Data, para Kepala Sub Bagian Program dan operator SIDALIH KPU Kabupaten/Kota se-provinsi DKI Jakarta ini dihadiri oleh Andre Putra selaku Kabag Data pada Biro Perencanaan KPU RI. Dalam paparannya ia mengatakan bahwa sangatlah perlu melakukan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan, karena data kependudukan senantiasa mengalami perubahan setiap hari, perubahan-perubahan tersebut disebabkan karena adanya penduduk yang meninggal dunia, mutasi maupun perubahan status kependudukannya. Karenanya melalui aplikasi yang akan dikembangkan nanti dapat memberikan keterangan kepada publik secara terbuka tentang pergerakan data pemilih secara berkelanjutan.

Di samping itu juga dapat menyampaikan kepada publik tentang pertambahan sejumlah potensi data pemilih baru dan pengurangan data pemilih yang tidak memenuhi syarat berdasarkan informasi yang diperoleh dari stakeholder terkait, maupun masukan dan tanggapan masyarakat
File Lampiran :