Tingkatkan Kualitas Pengendalian Internal, KPU Provinsi DKI Jakarta Gelar Bimtek Penggunaan Aplikasi SPIP

28-01-2021    13:15:00 Dibaca : 58 x

jakarta.kpu.go.id (28/01) KPU Provinsi DKI Jakarta mengadakan Bimbingan Teknis penggunaan aplikasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) di lingkungan KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota se DKI Jakarta. Bimtek ini dilakukan pada Kamis, 28 Januari 2021 pukul 10.00 s.d. 12.00 WIB secara daring melalui aplikasi zoom meeting. Bimtek ini diikuti oleh Anggota KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota divisi Hukum dan Pengawasan, Sekretaris, Koordinator, Subkoordinator Hukum KPU Kabupaten/Kota dan staf yang terkait.

Acara ini dibuka oleh Ketua KPU Provinsi DKI Jakarta Betty Epsilon Idroos. Dalam sambutannya Betty menyampaikan pentingnya Bimbingan Teknis ini dan meminta peserta untuk mengikutinya dengan baik. “Aplikasi ini dapat memonitor kinerja teman-teman di KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota dengan baik secara real time. Saya harapkan para peserta dapat berkonsentrasi penuh mengikuti bimtek ini” ujar Betty.

Bimbingan teknis dimulai dengan pemaparan Subkoordinator Keuangan KPU Provinsi DKI Jakarta Farida mengenai informasi yang perlu diinput dalam SPIP. Selanjutnya penyampaian catatan penting dalam penginputan data dalam aplikasi SPIP oleh Koordinator Keuangan, Umum, dan Logistik KPU Provinsi DKI Jakarta Saono. Saono mengatakan penggunaan aplikasi ini tidak hanya untuk kepentingan monitoring dan pengawasan, akan tetapi juga dapat memudahkan pekerjaan operator penginputan SPIP dalam menyiapkan data-data yang harus disampaikan. Materi kedua berupa pengenalan aplikasi SPIP KPU Provinsi DKI Jakarta oleh Sub Koordinator Umum dan Logistik KPU Provinsi DKI Jakarta Rivan. Rivan menjelaskan gambaran umum aplikasi dan tata cara penggunaan aplikasi tersebut. Selanjutnya disampaikan tutorial pengisian aplikasi oleh Staf Bagian Umum dan Logistik Santiko.

Bimtek ini juga dihadiri oleh Perwakilan Inspektorat KPU RI Sumarjono. Sumarjono mengapresiasi kepatuhan KPU se DKI Jakarta dalam menyampaikan laporan SPIP secara tepat waktu. “Saya harapkan aplikasi SPIP KPU Provinsi DKI Jakarta ini, makin meningkatkan kualitas Laporan SPIP KPU se Provinsi DKI Jakarta pada waktu yang akan datang” pungkas Sumarjono. Sumarjono juga menyampaikan apresiasi yang luar biasa terhadap KPU DKI Jakarta yang membuat terobosan berupa aplikasi SPIP. “Saya sangat mengapresiasi langkah maju KPU Provinsi DKI Jakarta dalam pelaporan SPIP. Di KPU se Indonesia baru KPU Provinsi DKI Jakarta yang membuat terobosan berupa apliaksi SPIP. Jika aplikasi ini telah berjalan dengan baik, saya akan sampaikan dalam forum pimpinan agar KPU Provinsi lain di Indonesia mengikuti langkah-langkah yang dilakukan KPU DKI Jakarta berupa pembuatan kartu kendali dan laporan SPIP menggunakan aplikasi” pungkas Sumarjono.
File Lampiran :